Novita, Sari, Bety (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Materi Ekosistem Dengan Pendekatan Inkuiri Terpimpin Disertai Modul Pada Siswa Kelas Vii D Smp Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (171kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV_.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (104kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (26MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Surat_Pernyataan_Publikasi.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran kelas VII D SMPN 3 Colomadu yang terdapat kelemahan, antara lain: siswa kurang disiplin, partisipasi siswa masih rendah, siswa ramai dan tidak memperhatikan penjelasan guru, pembelajaran masih berpusat pada guru, hal ini yang mengakibatkan hasil belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif maupun aspek afektif pada materi ekosistem kelas VII D SMPN 3 Colomadu tahun ajaran 2011/2012 dengan menerapkan pendekatan inkuiri terpimpin disertai modul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi dan refleksi yang terlaksana sebanyak 2 siklus. Analisis data yang digunakan adalah dengan cara deskriptif kualitatif dengan menggunakan triangulasi data yaitu kombinasi dari beragam sumber data, tenaga, peneliti, teori dan teknik metodologi logis atas gejala sosial. Sumber data diperoleh dari hasil belajar siswa (aspek kognitif) mata pelajaran biologi dan pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung (aspek afektif) antara peneliti dan kolaborator. Penelitian ini diawali dengan pembentukan kelompok secara heterogen untuk melakukan pengamatan ekosistem di lingkungan sekitar sekolah yang di akhiri kesimpulan dan pelaksanaan post-test setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar disetiap siklus. Banyaknya siswa yang tuntas KKM (> 70) sebelum tindakan sebanyak 10 siswa (31,25%), siklus I meningkat menjadi 20 siswa (62,5%) dan pada sikus II sebesar 26 siswa (81,25%) Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan 60,09 meningkat pada siklus I yaitu 72,5 dan pada siklus II menjadi 77,66. Rata-rata hasil belajar siswa aspek afektif perilaku berkarakter pada saat observasi diperoleh sebesar 10,97 (Cukup), siklus I sebesar 12,78 (Berminat) dan pada siklus II diperoleh 15,66 (Berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan inkuiri disertai modul dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan afektif pada materi ekosistem kelas VII D SMPN 3 Colomadu 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan inkuiri terpmpin, modul, ekosistem, hasil belajar kognitif, hasil belajar afektif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 13 Nov 2012 06:24 |
Last Modified: | 13 Nov 2012 06:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21149 |
Actions (login required)
View Item |