Seftyaningrum , Siska (2012) Penerapan Belajar Matematika Melalui Strategi Teams Games Tournaments( Tgt ) Berbasis Alat Peraga Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematika Bagi Siswa Kelas VII Semester Genap SMP3 Jepon Blora Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab 1)
3._Bab_I.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Bab II)
4._Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
PDF (Bab III)
5._Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
PDF (Bab V)
7._Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf Download (35kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (461kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi belajar matematika siswa kelas VII SMP N 3 Jepon Blora dalam pembelajaran matematika pada materi segiempat melalui strategi Teams Games Tournaments (TGT)dengan memanfaatkan alat peraga. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima adalah siswa kelas VII C SMP N 3 Jepon yang berjumlah 40 siswa. Sedangkan obyek penelitian adalah komunikasi belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknikanalisis data pada penelitian ini dilakukan menggunakan triangulasi penyidik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan komunikasi belajar matematika pada pokok bahasan segiempat. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya indikator komunikasi matematika meliputi: 1) Menjawab pertanyaan sebelumtindakan 10% meningkat menjadi 42,5% pada akhir tindakan, 2) Mengemukakan ide sebelum tindakan 7,5% meningkat menjadi 37,5% pada akhir tindakan, 3) Kerjasama dengan kelompok sebelum tindakan 25% meningkat menjadi 80%pada akhir tindakan, 4) Membuat kesimpulan sebelum tindakan 7,5% meningkat menjadi 35% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan strategi Teams Games Tournaments (TGT)dengan memanfaatkan alat peraga dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan komunikasi belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi matematika, Strategi Teams Games Tournaments (TGT), alat peraga. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 12 Nov 2012 11:59 |
Last Modified: | 12 Nov 2012 12:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21140 |
Actions (login required)
View Item |