Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas VII D SMP N 2 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012

Nurhayati, Ayu (2012) Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas VII D SMP N 2 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (431kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)
[img]
Preview
PDF (Maskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (491kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis pantun dengan menggunakan media gambar, meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran menulis pantun dengan melalui media gambar pada siswa kelas VII D SMP N 2 Banyudono. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP N 2 Banyudono. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas VII D dan data dalam penelitian ini adalah hasil tulisan pantun siswa kelas VII D SMP N 2 Banyudono.. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan (1) penerapan strategi pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis pantun pada siswa kelas VII D SMP N 2 Banyudono. Pada prasiklus nilai rata-rata yang dicapai siswa hanya mencapai 68,91. Pada siklus I meningkat menjadi 76,5 dan pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan mencapai 81,54 (2) strategi pembelajaran melalui media gambar dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menulis Pantun, Media Gambar, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Nov 2012 06:09
Last Modified: 10 Nov 2012 06:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21079

Actions (login required)

View Item View Item