ROHMAWATI A, ROHMAWATI A (2012) Pembelajaran Menulis Puisi KELAS Viii Smp Negeri 10 Madiun Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HAL._DEPAN.pdf Download (101kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (907kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (230kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Madiun tahun ajaran 2010/2011, dan (2) mendeskripsikan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Madiun tahun ajaran 2010/2011. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran menulis puisi. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Proses pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Madiun, dengan urutan kegiatan yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran menulis puisi adalah kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. (2) Kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Madiun dilihat dari hasil penilaian terhadap karya siswa yang diukur berdasarkan struktur puisi, yaitu ketepatan penggunaan diksi, pengimajian, kata konkret, bahasa figuratif, dan versifikasi. Hasil penilaian itu adalah nilai 50-55, 1 siswa, nilai 56-69, 6 siswa, nilai 70-75, 3 siswa. Pada hasil penilaian didapat nilai tertinggi 72 dengan judul puisi Gelombang Laut Bali karya Ronaldo Putra dengan perolehan nilai masing-masing adalah diksi 22, imajinasi 8, kata konkret 19, bahasa figuratif 16 ,dan versifikasi 7. Kendala dalam pembelajaran menulis puisi yaitu: (1) siswa pasif dan (2) terbatasnya media pembelajaran. Untuk mengatasi kendala tersebut berdasarkan hasil wawancara dan hasil observasi di lapangan dilakukan dengan langkah sebagai berikut: (1) kendala yang disebabkan karena siswa pasif dengan memberikan bimbingan dan motivasi kepada siswa, (2) kendala yang disebabkan oleh terbatasnya media pembelajaran, guru menggunakan gambar sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | proses pembelajaran, menulis puisi, dan kemampuan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 07 Nov 2012 10:44 |
Last Modified: | 07 Nov 2012 13:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20994 |
Actions (login required)
View Item |