Penerapan Pembelajaran Think Pair Share Pada Pelajaran Ekonomi Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

Noveni, Gita Asih (2012) Penerapan Pembelajaran Think Pair Share Pada Pelajaran Ekonomi Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (875kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Pubikasi.pdf

Download (424kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Sawit Boyolali melalui penerapan metode pembelajaran Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Sawit Boyolali yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam peneltian ini dilakukan dengan menggunakan metode alur. Langkah-langkah yang harus dilalui dalam metode alur meliputi pengumpulan data, penyajian data dan vertifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data keaktifan siswa pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 17,02%. Sedangkan dari hasil penerapan metode pembelajaran Think Pair Share pada siklus I prosentase keaktifan belajar siswa meningkat sebesar 46,37 % dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan prosentase sebesar 77,74 % Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII A SMP N 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Keaktifan belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Nov 2012 08:43
Last Modified: 07 Nov 2012 08:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20989

Actions (login required)

View Item View Item