Noveni, Gita Asih (2012) Penerapan Pembelajaran Think Pair Share Pada Pelajaran Ekonomi Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf Download (875kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Pubikasi.pdf Download (424kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Sawit Boyolali melalui penerapan metode pembelajaran Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Sawit Boyolali yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam peneltian ini dilakukan dengan menggunakan metode alur. Langkah-langkah yang harus dilalui dalam metode alur meliputi pengumpulan data, penyajian data dan vertifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data keaktifan siswa pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 17,02%. Sedangkan dari hasil penerapan metode pembelajaran Think Pair Share pada siklus I prosentase keaktifan belajar siswa meningkat sebesar 46,37 % dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan prosentase sebesar 77,74 % Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII A SMP N 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think Pair Share, Keaktifan belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 07 Nov 2012 08:43 |
Last Modified: | 07 Nov 2012 08:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20989 |
Actions (login required)
View Item |