Pamilihku, Erna (2012) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Dan Kemampuan Awal Siswa Dalam Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Di SMP N 2 Gatak. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Judul.pdf Download (839kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (72kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ERNA.pdf Download (822kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengejar guru terhadap prestasi belajar ekonomi di SMP N 2 Gatak Sukoharjo, 2) untuk mengetahui kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar ekonomi di SMP N 2 Gatak Sukoharjo dan 3) untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengejar guru dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar ekonomi di SMP N 2 Gatak Sukoharjo. Penelitian mengambil lokasi di SMP Negeri 2 Gatak. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Gatak dengan populasi sebanyak 160 siswa, sampel diambil sebanyak 40 siswa. Data persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan kemampuan awal siswa dalam belajar diperoleh melalui angket, sedangkan data prestasi belajar diperoleh melalui dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan kemampuan awal siswa dalam belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi, hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 36,362 > Ftabel = 3,252. Persamaan regresinya adalah Y = -5,482 + 1,039X1 + 0,712X2. Uji t untuk menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar ekonomi, hal ini ditunjukkan oleh harga thitung sebesar 6,234 lebih besar dari harga ttabel sebesar 2,026 dan terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan awal siswa dalam belajar terhadap prestasi belajar ekonomi, hal ini ditunjukkan oleh harga thitung = 3,663 > ttabel = 2,036. Besarnya koefisien determinasi sebesar 0,663 yang berarti pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan kemampuan awal siswa dalam belajar terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 66,3% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar model penelitian. Besarnya sumbangan relatif untuk X1 = 69,2% dan X2 = 30,8% dan sumbangan efektif untuk X1= 45,9% dan X2 = 20,4%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi siswa tentang keterampilan mengejar guru, kemampuan awal siswa dan prestasi belajar ekonomi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 07 Nov 2012 06:53 |
Last Modified: | 07 Nov 2012 06:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20986 |
Actions (login required)
View Item |