Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Dan Kemampuan Awal Siswa Dalam Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Di SMP N 2 Gatak

Pamilihku, Erna (2012) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Dan Kemampuan Awal Siswa Dalam Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Di SMP N 2 Gatak. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Judul.pdf

Download (839kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ERNA.pdf

Download (822kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengejar guru terhadap prestasi belajar ekonomi di SMP N 2 Gatak Sukoharjo, 2) untuk mengetahui kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar ekonomi di SMP N 2 Gatak Sukoharjo dan 3) untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengejar guru dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar ekonomi di SMP N 2 Gatak Sukoharjo. Penelitian mengambil lokasi di SMP Negeri 2 Gatak. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Gatak dengan populasi sebanyak 160 siswa, sampel diambil sebanyak 40 siswa. Data persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan kemampuan awal siswa dalam belajar diperoleh melalui angket, sedangkan data prestasi belajar diperoleh melalui dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan kemampuan awal siswa dalam belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi, hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 36,362 > Ftabel = 3,252. Persamaan regresinya adalah Y = -5,482 + 1,039X1 + 0,712X2. Uji t untuk menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar ekonomi, hal ini ditunjukkan oleh harga thitung sebesar 6,234 lebih besar dari harga ttabel sebesar 2,026 dan terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan awal siswa dalam belajar terhadap prestasi belajar ekonomi, hal ini ditunjukkan oleh harga thitung = 3,663 > ttabel = 2,036. Besarnya koefisien determinasi sebesar 0,663 yang berarti pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan kemampuan awal siswa dalam belajar terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 66,3% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar model penelitian. Besarnya sumbangan relatif untuk X1 = 69,2% dan X2 = 30,8% dan sumbangan efektif untuk X1= 45,9% dan X2 = 20,4%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa tentang keterampilan mengejar guru, kemampuan awal siswa dan prestasi belajar ekonomi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Nov 2012 06:53
Last Modified: 07 Nov 2012 06:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20986

Actions (login required)

View Item View Item