Iswahyudi, Uut (2012) Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Stad Pada Siswa Kelas III Semester I SDN Bumirejo Kecamatan Juwana Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
cover.pdf Download (412kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (159kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (84kB) |
|
PDF (Lampiran)
lamp.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (429kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika melalui model pembelajaran STAD. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SD Negeri Bumirejo yang berjumlah 14 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui, observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing – masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam keaktifan belajar matematika. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam tes siswa dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika sebesar atau 8 siswa dan pada siklus II sebesar atau 10 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan model pembelajaran STAD mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam mata pelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan belajar rmatematika metode STAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 05 Nov 2012 11:31 |
Last Modified: | 05 Nov 2012 11:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20964 |
Actions (login required)
View Item |