Fatmawati, Kristina Erna (2012) Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Materi Luas Bangun Datar Melalui Metode Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Pada Siswa Kelas V SD N Agungmulyo Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
cover_komplit.pdf Download (437kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (151kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran_komplit.pdf Restricted to Repository staff only Download (820kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (442kB) |
Abstract
Pada umumnya pengajaran matematika di sekolah sampai saat ini masih konvensional yaitu guru aktif menjelaskan materi pelajaran sedangkan siswa hanya mendengar dan mencatat, hal itu berpengaruh pada rendahnya tingkat keaktifan belajar siswa, inilah yang melatarbelakangi penelitian. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi luas bangun datar dengan menggunakan metode kooperatif tipe Group Investigation (GI). Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni-Agustus. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD N Agungmulyo yang berjumlah 26 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengamatan pengelolaan metode pembelajaran kooperatif tipe GI, pengamatan aktivitas siswa dan guru pada akhir pembelajaran, dan data tes formatif siswa pada setiap siklus. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian terdiri atas kondisi awal (pra siklus), siklus I dan Siklus II. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi hasil pengamatan. Data yang diperoleh berupa skor atau nilai, terdiri atas nilai keaktifan siswa dan nilai tes siswa. Pada kondisi awal siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Keaktifan siswa di kelas hanya 9,6 %, karena keaktifan belajar rendah maka ketercapain KKM hanya 46,2 %. Setelah dilakukan penelitian pada siklus I dan II keaktifan siswa meningkat, siswa mulai aktif dalam pembelajaran. (Siklus I keaktifan mencapai= 53,9% dan ketercapaian KKM= 73%. Siklus II keaktifan siswa= 84,6% dan ketercapaian KKM= 96,2%.). Hal tersebut membuktikan bahwa dengan penerapan metode kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V mata pelajaran matematika materi luas bangun datar, karena metode kooperatif tipe GI mempunyai beberapa kelebihan yaitu: pembelajaran berpusat pada siswa, pembelajaran yang dilakukan membuat suasana saling bekerjasama dan berinteraksi antar siswa, melatih siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi, adanya motivasi yang mendorong siswa agar aktif dalam proses belajar mulai dari tahap pertama sampai tahap akhir pembelajaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan belajar, luas bangun datar, kooperatif, Gruop Investigation |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 02 Nov 2012 11:47 |
Last Modified: | 02 Nov 2012 11:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20923 |
Actions (login required)
View Item |