Penerapan Metode Demonstrasi Dan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kreatifitas Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Iv Sd N Mantingan Kecamatan Jaken Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2012/2013

Kismiatun , Dewi (2012) Penerapan Metode Demonstrasi Dan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kreatifitas Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Iv Sd N Mantingan Kecamatan Jaken Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
02._halaman_depan.pdf

Download (680kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._bab_I.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Bab II)
04._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab III)
05._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab V)
07._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._lAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (863kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas belajar siswa melalui metode demonstrasi dan model kooperatif tipe jigsaw. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Mantingan yang berjumlah 19 siswa. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi dan tes. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis komparatif dan kritis dan interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan/verifikasi. Prosedur penelitian meliputi tahap, identifikasi masalah, penyusunan rencana tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, dan analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreatifitas siswa. Adapun peningkatan kreatifitas siswa dapat dilihat dari perolehan persentase kreatifitas dalam pelajaran IPA yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan kriteria kreatifitas siswa dalam pelajaran IPA sebesar 52,63% dengan jumlah 10 siswa dan pada siklus II sebesar 78,95% dengan jumlah 15 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode demonstrasi dan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kreatifitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreatifitas belajar, metode demonstrasi dan model kooperatif tipe jigsaw.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2012 10:58
Last Modified: 02 Nov 2012 10:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20916

Actions (login required)

View Item View Item