Prestasi Belajar Akuntansi Biaya 1 Ditinjau Dari Kemampuan Mengajar Dosen Dan Kedisiplinan Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010 Fkip Ums Skripsi

OKTAVIANA, IKA (2012) Prestasi Belajar Akuntansi Biaya 1 Ditinjau Dari Kemampuan Mengajar Dosen Dan Kedisiplinan Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010 Fkip Ums Skripsi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
04._BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan mengajar dosen terhadap prestasi belajar Akuntansi Biaya 1 pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2010/2011. 2) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar Akuntansi Biaya 1 pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2010/2011. 3) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan mengajar dosen dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar Akuntansi Biaya 1 pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2010/2011. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2010/2011. Sampel diambil sebanyak adalah 100 mahasiswa. Metode pengumpulam data berupa angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 16,058 + 0, 865 X1 + 0, 968 X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh kemampuan mengajar dosen dan kedisiplinan belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) ”Ada pengaruh kemampuan mengajar dosen terhadap prestasi belajar Akuntansi Biaya 1 pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2010/2011” dapat teruji. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,638 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,010 dengan sumbangan efektif sebesar 23,05%. 2) “ Ada pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar Akuntansi Biaya 1 pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2010/2011 ” dapat teruji. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,131 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002 dengan sumbangan efektif sebesar 10,78%. 3) “ Ada pengaruh kemampuan mengajar dosen dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar Akuntansi Biaya 1 pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2010/2011” dapat teruji. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 7,741 > 3,150 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,338 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kemampuan mengajar dosen dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar adalah sebesar 33,8%, sedangkan 66,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Mengajar Dosen, Kedisiplinan Belajar, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 30 Oct 2012 11:47
Last Modified: 30 Oct 2012 11:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20892

Actions (login required)

View Item View Item