SUDIYONO, AKHMAD (2012) Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Paud Al-Barokah Kecamatan Rowokele Kebumen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1.Halaman_Depan.pdf Download (495kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
2.Bab_1.pdf Download (44kB) |
|
PDF (Bab II)
3.Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (Bab III)
4.Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
PDF (Bab IV)
5.Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
PDF (Bab V)
6.bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
PDF (Bab VI)
7.ab_6.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8.Daftar_Pustaka.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Lampiran)
9.Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (144kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui persiapan pembelajaran di PAUD “Al Barokah” desa Rowokele Kecamatan Rowokele Kebumen, (2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran di PAUD “Al Barokah” desa Rowokele Kecamatan Rowokele Kebumen, dan (3) Untuk mengetahui evaluasi pembelajaran di PAUD “Al Barokah” desa Rowokele Kecamatan Rowokele Kebumen. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di PAUD “Al Barokah” desa Rowokele Kecamatan Rowokele Kebumen. Subjek utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reabilitas), dan confermability (objektivitas). Hasil dari penelitian ini (1) Persiapan pembelajaran yang dilakukan oleh pengelola PAUD Al-Barokah sudah sesuai dengan Acuan Menu Pembelajaran yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan. Persiapan pembelajaran dilakukan melalui beberapa langkah yaitu menetapkan tahap perkembangan, menetapkan indikator kemampuan, menetapkan konsep pengetahuan yang akan dikenalkan, menetapkan tema, menyusun rencana kegiatan pembelajaran dan menyiapkan alat dan bahan. (2) Proses pembelajaran di PAUD Al-Barokah mengacu pada prinsip belajar sambil bermain. Di PAUD Al-Barokah mempunyai beberapa sentra kegiatan bermain antara lain sentra balok, sentra main peran dan sentra seni/kreativitas. Kegiatan bermain di sentra-sentra tersebut mempunyai tujuan masing-masing agar setelah melakukan kegiatan tersebut siswa dapat memperoleh pengalaman yang dapat mereka terapkan dalam kehidupan mereka dirumah setelah mereka pulang sekolah. Di PAUD Al-Barokah menggunakan metode pembelajaran belajar sambil bermain dengan pendekatan Beyond Center and Circle Time (BCCT). (3) Kegiatan evaluasi pembelajaran di PAUD Al-Barokah mengacu pada Acuan Menu Pembelajaran Generik dengan prinsip menyeluruh, berkesinambungan, objektif, mendidik, dan bermakna baik bagi guru, orang tua, anak didik maupun pihak lain yang memerlukan. Kegiatan evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan PAUD Al-Barokah terdiri dari 3 kegiatan melalui pengamatan, catatan anekdot dan portofolio.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persiapan, pelaksanaan, evaluasi, pengelolaan pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 22 Oct 2012 12:12 |
Last Modified: | 22 Oct 2012 12:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20814 |
Actions (login required)
View Item |