Prastowo, Indra (2012) Pengelolaan Pembelajaran Berasis Outdoor (Studi Situs SMP Negeri 2 Punung Kabupaten Pacitan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (192kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (66kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (983kB) |
Abstract
Tujuan umum dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan karakteristik Pengorganisasian pembelajaran seni tari berbasis outdoor di SMP Negeri 2 Punung Kabupaten Pacitan (2) Mendeskripsikan karakteristik hubungan siswa dan pelatih dalam pembelajaran seni tari berbasis outdoor di SMP Negeri 2 Punung Kabupaten Pacitan. (3) Mendeskripsikan karakteristik hubungan kerja pelatih dengan ogansisasi pembelajaran seni tari berbasis outdoor di SMP Negeri 2 Punung Kabupaten Pacitan. Jenis penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif dan dengan menggunakan desain penelitian etnografi. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil lokasi di Lokasi penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Punung Kabupaten Pacitan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan mereduksi data, menyajian data lalu melakukan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk menjamin kesasihan data, pada penelitian ini menggunakan trianggulasi data dan review informan. Hasil penelitian: (1) Pengorganisaian pembelajaran seni tari hanya melibatkan siswa yang berminat serta berbakat di bidang seni tari dan menunjuk pelatih dari luar sekolah yang berkompeten dan memiliki kemampuan serta skill tinggi, maka akan mengefisiensikan proses pembelajaran seni tari. (2) Hubungan antara pelatih dan siswa dalam pembelajaran seni tari yang menempatkan siswa sebagai sahabat serta suasana pembelajaran dibuat santai, tempat pembelajaran dibuat baru (selain sekolahan) akan membantu siswa dalam memaksimalkan penyerapan pembelajaran seni tari serta hasil pembelajaran. (3) Pelatih merupakan penyedia media serta sarana dan prasarana pembelajaran seni tari, maka perlu adanya komunkasi serta koordinasi yang ideal dan seimbang antara pelatih dan Pengorganisasian agar terjadi kesamaan serta kesatuan persepsi serta interpretasi mengenai pembelajaran seni tari sehingga dapat terselenggara kerjasama yang baik antara pihak Pengorganisasian pembelajaran seni tari dengan pelatih.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengorganisasian pembelajaran, pelatih, pembelajaran seni tari. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 22 Oct 2012 12:03 |
Last Modified: | 22 Oct 2012 12:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20813 |
Actions (login required)
View Item |