Pengelolaan Pembelajaran Berasis Outdoor (Studi Situs SMP Negeri 2 Punung Kabupaten Pacitan)

Prastowo, Indra (2012) Pengelolaan Pembelajaran Berasis Outdoor (Studi Situs SMP Negeri 2 Punung Kabupaten Pacitan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (192kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (983kB)

Abstract

Tujuan umum dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan karakteristik Pengorganisasian pembelajaran seni tari berbasis outdoor di SMP Negeri 2 Punung Kabupaten Pacitan (2) Mendeskripsikan karakteristik hubungan siswa dan pelatih dalam pembelajaran seni tari berbasis outdoor di SMP Negeri 2 Punung Kabupaten Pacitan. (3) Mendeskripsikan karakteristik hubungan kerja pelatih dengan ogansisasi pembelajaran seni tari berbasis outdoor di SMP Negeri 2 Punung Kabupaten Pacitan. Jenis penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif dan dengan menggunakan desain penelitian etnografi. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil lokasi di Lokasi penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Punung Kabupaten Pacitan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan mereduksi data, menyajian data lalu melakukan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk menjamin kesasihan data, pada penelitian ini menggunakan trianggulasi data dan review informan. Hasil penelitian: (1) Pengorganisaian pembelajaran seni tari hanya melibatkan siswa yang berminat serta berbakat di bidang seni tari dan menunjuk pelatih dari luar sekolah yang berkompeten dan memiliki kemampuan serta skill tinggi, maka akan mengefisiensikan proses pembelajaran seni tari. (2) Hubungan antara pelatih dan siswa dalam pembelajaran seni tari yang menempatkan siswa sebagai sahabat serta suasana pembelajaran dibuat santai, tempat pembelajaran dibuat baru (selain sekolahan) akan membantu siswa dalam memaksimalkan penyerapan pembelajaran seni tari serta hasil pembelajaran. (3) Pelatih merupakan penyedia media serta sarana dan prasarana pembelajaran seni tari, maka perlu adanya komunkasi serta koordinasi yang ideal dan seimbang antara pelatih dan Pengorganisasian agar terjadi kesamaan serta kesatuan persepsi serta interpretasi mengenai pembelajaran seni tari sehingga dapat terselenggara kerjasama yang baik antara pihak Pengorganisasian pembelajaran seni tari dengan pelatih.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengorganisasian pembelajaran, pelatih, pembelajaran seni tari.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 22 Oct 2012 12:03
Last Modified: 22 Oct 2012 12:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20813

Actions (login required)

View Item View Item