Nurfarida, Ari (2012) Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Situs di SMA Muhammadiyah Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (552kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (355kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_6.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (154kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (672kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (858kB) |
Abstract
Permasalahan penelitian ini ada dua. (1) Bagaimana manajemen pembelajaran bahasa Arab di SMA Muhammadiyah Surakarta. (2) Bagaiamana upaya guru dalam mengatasi kendala dan meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab di SMA Muhammadiyah Surakarta. Tujuan penelitian ini ada dua. (1) Untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran bahasa Arab. (2) Upaya guru dalam mengatasi kendala dan meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab di SMA Muhammadiyah Surakarta. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut maka dipergunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Data-data penelitian diperoleh dari perilaku guru dan siswa serta situasi pembelajaran dengan tiga metode pengumpulan data yaitu wawancara yang mendalam, observasi dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran bahasa Arab telah dilaksanakan oleh guru. Namun, pelaksanaannya belum optimal, hal itu karena ada hambatan yaitu rendahnya motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran Bahasa Arab, waktu yang terbatas dan penggunaan metode langsung (tariiqah al- mubasysyarah) sebagai prinsip dasar dalam metode pengajaran bahasa Arab modern. Usaha guru untuk mengatasi kendala dan meningkatkan kualitas adalah dengan melakukan persiapan mengajar yang optimal, menggunakan berbagai variasi metode pembelajaran, menggunakan alat bantu pembelajaran, dan mengadakan evaluasi proses dan hasil belajar yang beragam. Selain itu guru juga mengadakan diskusi dengan sesama guru bahasa Arab.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen pembelajaran, bahasa Arab |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 12 Oct 2012 10:43 |
Last Modified: | 12 Oct 2012 11:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20660 |
Actions (login required)
View Item |