Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Situs di SMA Muhammadiyah Surakarta)

Nurfarida, Ari (2012) Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Situs di SMA Muhammadiyah Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (552kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (355kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (672kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini ada dua. (1) Bagaimana manajemen pembelajaran bahasa Arab di SMA Muhammadiyah Surakarta. (2) Bagaiamana upaya guru dalam mengatasi kendala dan meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab di SMA Muhammadiyah Surakarta. Tujuan penelitian ini ada dua. (1) Untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran bahasa Arab. (2) Upaya guru dalam mengatasi kendala dan meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab di SMA Muhammadiyah Surakarta. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut maka dipergunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Data-data penelitian diperoleh dari perilaku guru dan siswa serta situasi pembelajaran dengan tiga metode pengumpulan data yaitu wawancara yang mendalam, observasi dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran bahasa Arab telah dilaksanakan oleh guru. Namun, pelaksanaannya belum optimal, hal itu karena ada hambatan yaitu rendahnya motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran Bahasa Arab, waktu yang terbatas dan penggunaan metode langsung (tariiqah al- mubasysyarah) sebagai prinsip dasar dalam metode pengajaran bahasa Arab modern. Usaha guru untuk mengatasi kendala dan meningkatkan kualitas adalah dengan melakukan persiapan mengajar yang optimal, menggunakan berbagai variasi metode pembelajaran, menggunakan alat bantu pembelajaran, dan mengadakan evaluasi proses dan hasil belajar yang beragam. Selain itu guru juga mengadakan diskusi dengan sesama guru bahasa Arab.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: manajemen pembelajaran, bahasa Arab
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 12 Oct 2012 10:43
Last Modified: 12 Oct 2012 11:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20660

Actions (login required)

View Item View Item