Komisatun, Siti (2012) Pengelolaan Pembelajaran Geografi Kompetensi Kependudukan Di Kelas XI SMA Negeri 3 Salatiga. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (362kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf Download (100kB) |
|
PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
||
PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
||
PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
||
PDF (Bab VI)
09.BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
10.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
|
PDF (Lampiran)
11._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (201kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan karakteristik aktivitas guru dalam pembelajaran geografi kompetensi kependudukan di kelas XI SMA Negeri 3 Salatiga. (2) Untuk mendiskripsikan karakteristik aktivitas siswa dalam pembelajaran geografi kompetensi kependudukan di kelas XI SMA Negeri 3 Salatiga. (3) Untuk mendiskripsikan karakteristik interaksi guru dengan siswa dalam pembelajaran geografi kompetensi kependudukan di kelas XI SMA Negeri 3 Salatiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan desain penelitian etnografi. Informan adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode pengamatan berperan serta, metode wawancara mendalam, dan metode dokumentasi. Analisis dalam penelitian kualitatif terdiri dari tiga komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan dengan verifikasinya. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Kegiatan tahap awal guru membuat RPP yang merupakan pengembangan dari kurikulum dan silabus yang telah ada dan pada RPP yang dibuat guru tersebut dalam pelaksanaan pembelajarannya tercantum bahwa pembelajaran akan dilakukan dengan model eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi (EEK). Saat pembelajaran geografi guru mengorganisasi kelas dengan mempersiapkan siswa untuk mengikuti pelajaran geografi. Pelaksanaan pembelajaran guru melakukannya dengan menggunakan 3 tahap yaitu: tahap awal (pembukaan), penyampaian inti pembelajaran, penutup. Pada akhir pembelajaran geografi guru menarik kesimpulan dan memberikan tugas kepada siswa. (2) Aktivitas siswa sebelum pembelajaran dimulai dengan persiapan kelas, dan tempat duduk, mempersiapkan buku pelajaran yang digunakan sebagai penunjang dalam pembelajaran dan menyiapkan buku catatan yang digunakan untuk mencatat bagianbagian yang pokok dalam pemabahasan tersebut. Saat pembelajaran berlangsung siswa aktif, bersikap kritis, mencatat hal-hal atau bagian penting dari pembelajaran, menjawab pertanyan guru, memperhatikan guru, dan mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Pada akhir pembelajaran siswa melakukan aktivitas menyampaikan umpan balik kepada guru. (3) Interaksi guru dan siswa merupakan interaksi edukatif, terjadi pada awal pembelajaran, proses pembelajaran dan akhir pembelajaran. Interaksi pada awal pembelajaran dilakukan guru untuk menciptakan kondisi-kondisi awal pembelajaran yang kondusif. Interaksi guru dan siswa bertujuan memberikan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Interaksi akhir pembelajaran tidak hanya diartikan sebagai kegiatan menutup pelajaran, tetapi sebagai kegiatan penilaian hasil belajar siswa dan kegiatan tindak lanjut
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas guru, aktivitas siswa, interaksi pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 12 Oct 2012 07:02 |
Last Modified: | 12 Oct 2012 07:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20652 |
Actions (login required)
View Item |