SUNARDI, SUCI HATININGSIH (2012) Strategi Promosi Radio Republik Indonesia Surakarta (Penelitian Deskriptif Kualitatif Komunikasi Pemasaran). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (474kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (125kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (828kB) |
Abstract
Radio merupakan media massa yang banyak diminati masyarakat sebagai media beriklan produk atau jasa. RRI Surakarta merupakan radio yang memiliki beberapa kelebihan antara lain: penetrasi cepat, murah, jaringan luas dan bersifat personal. Dalam undang-undang penyiaran pasal 15 ayat 1 tentang sember dana lembaga public berasal dari: iuran penyiaran, Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah(APBD) dan siaran iklan. Undang-undang tersebut menjadi pedoman bahwa RRI Surakarta tidak terdapat larangan untuk menyediakan jasa siaran iklan komersial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang diterapkan RRI Surakarta dalam mendapatkan calon pengiklan. Apakah strategi yang digunakan sesuai dengan teori pemasaran yang ada atau malah sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang menggambarkan fenomena tertentu. Riset bersifat subyektif yaitu dengan melakukan wawancara, observasi dan mencari sumber data. Lokasi penelitian dilakukan di instansi pemerintah yaitu bagian Marketing Radio Republik Indonesia Surakarta. Sampel dari penelitian ini ada 8 orang yang terdiri dari 6 staf karyawan RRI Surakarta dan 2 pengiklan. Teknik pemilihan informan dengan purposive sampling yaitu memilih informan yang menguasai obyek yang diteliti yaitu staf karyawan dan pengiklan. Pengiklan dipilih penulis untuk melengkapi informasi yang dibutuhkan. Berdasarkan hasil penelitian, RRI Surakarta telah melakukan aktivitas pemasaran secara baik meskipun belum maksimal. Adapun aktivitas pemasaran yang dilakukan RRI Surakarta antara lain: personal selling meliputi presentasi penjualan oleh staf karyawan RRI Surakarta kepada calon konsumen. Periklanan meliputi pembuatan brosur dan leaflet, pemasangan logo dan bekerjasama dengan media massa. Publisitas meliputi kegiatan sosial seperti sumbangan bencana dan tenda publik bagi masyarakat pemudik, peringatan peristiwa penting, partisipasi, hubungan masyarakat, layanan masyarakat, green radio dan bintang radio. Promosi penjualan berupa sponsorship, event dan hiburan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Promosi, Pemasaran, iklan |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 11 Oct 2012 11:15 |
Last Modified: | 11 Oct 2012 13:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20626 |
Actions (login required)
View Item |