Pengelolaan Pembelajaran Full Day School Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Wonogiri

Sujudi, Aji (2012) Pengelolaan Pembelajaran Full Day School Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Wonogiri. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (163kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (109kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_AJI_SUJUDI.pdf

Download (235kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran fullday school di MIN Wonogiri. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran fullday school di MIN Wonogiri Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru, dan siswa di MIN Wonogiri. Metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik interview, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif menggunakan teknik analisis model interaktif yaitu mengumpulkan data secara terus-menerus sampai tuntas hingga datanya jenuh. Tahap-tahap analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data meliputi validitas internal, validitas eksternal, ketergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran fullday school di MIN Wonogiri diwujudkan dengan adanya desain pembelajaran yang meliputi kegiatan guru dan kegiatan siswa. Karena perencanaan merupakan bagian penting yang akan menentukan kualitas pembelajaran secara keseluruhan dan menentukan kualitas pendidikan. Dalam kegiatan guru berisi tentang kegiatan persiapan yang dilakukan oleh guru seperti membuat RPP dan silabus. Desain pembelajaran dibuat sesuai dengan tingkatan kelas, kelas rendah (I, II, III) Rencana Pembelajaran disebut Weekly, sedang tingkat atas (IV, V, VI) disebut lesson plan. Untuk kegiatan siswa terdiri tentang kegiatan tatap muka, tugas terstruktur dan tugas mandiri. (2) Pelaksanaan pembelajaran fullday school di MIN Wonogiri meliputi kegiatan awal, proses, dan kegiatan penutup. Kegiatan pendahuluan dalam proses pembelajaran diawali dengan ucapan salam pembuka dan bacaan do‟a untuk belajar yang kemudian diikuti appersepsi yang terdiri tiga kegiatan yaitu Alpha Zone, Scene Setting. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan student centered (berpusat pada siswa). Dalam pelaksanaan pembelajaran fullday school di MIN Wonogiri juga dilakukan kegiatan pembiasaan yaitu mengucapkan salam dan jabat tangan kepada ustadz/ustadzah, adab makan, sholat berjamaah, tidak jajan sembarangan, infak jum‟at. MIN Wonogiri sebagai sekolah yang menerapkan pembelajaran Full Day School juga dilakukan kegiatan mentoring. Pelaksanaan kegiatan ini disesuaikan dengan kesepakatan dengan mentornya. Tahapan mentoring ada dua yaitu tahfidz dan mentoring kajian Pengelolaan, pembelajaran, Full Day School

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, pembelajaran, Full Day School
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 11 Oct 2012 10:38
Last Modified: 11 Oct 2012 10:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20616

Actions (login required)

View Item View Item