Gaya Hidup Hedonisme Dalam Iklan Bank Bca (Analisis Semiotika Iklan Bank Bca 2008-2011)

Pebriana, Selly (2012) Gaya Hidup Hedonisme Dalam Iklan Bank Bca (Analisis Semiotika Iklan Bank Bca 2008-2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (364kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (481kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I_.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (916kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (56kB)

Abstract

Iklan mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kemajuan penjualan. Gaya hidup hedonisme yang sekarang menjadi bagian dari gaya hidup tidak ubahnya seperti iklan dan penjualan. Begitu mudahnya masyarakat terpengaruh oleh iklan-iklan yang didesain secara sempurna untuk mempengaruhi audience sebagai target audience iklan, dan hampir semua yang terpangaruh adalah bagian dari pengikut gaya hidup hedonisme. Visualisasi yang terdapat dalam iklan hampir semua menggambarkan tentang gaya hidup yang mewah, bersenang-senang, dan hura-hura. Itulah sebabnya semakin banyak masyarakat yang mengikuti gaya hidup hedonisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna yang terkandung dalam simbol komunikasi atau dalam iklan televisi Bank BCA versi kartu kredit, tahapan BCA, dan tahapan Xpresi mengenai adanya gaya hidup hedonisme yang tergambar dalam setiap scene yang terdapat dalam ketiga iklan Bank BCA tersebut. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer: data yang diperoleh dari rekaman iklan Bank BCA. Jenis data sekunder : data yang diperoleh dari studi kepustakaan, informasi media massa yang berhubungan dengan objek penelitian ini. Analisis data yang digunakan dalam peneltian ini menggunakan model analisis semiotika Roland Barthes. Makna denotasi dan konotasi diperoleh dari unsur naratif dan sinematik dalam iklan. Dua unsur tersebut saling berinteraksi satu sama lain dalam membentuk sebuah film, dalam hal ini iklan. Berdasarkan visualisasi audio dan visual yang kemudian dilakukan analisis setiap scene mengenai lambang-lambang komunikasi serta unsur sinematografi iklan televisi Bank BCA versi kartu kredit, tahapan Bca, dan tahapan Xpresi, kesimpulannya bahwa banyak sekali simbol hedonisme yang sebenarnya tersembunyi dalam iklan Bank BCA. Trend dan gaya hidup masyaraka sebagai mitos, salah satunya dipengaruhi oleh iklan yang menerpa setiap harinya. Iklan pada dasarnya memiliki pengaruh yang besar karena kreatifitas para pembuat iklan yang semakin hari semakin jeli dalam membujuk masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hedonisme, Iklan Komersial, Bank BCA, Semiotika
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 02 Oct 2012 10:48
Last Modified: 01 Nov 2022 07:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20441

Actions (login required)

View Item View Item