Pelaksanaan Pakem Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Di SMA Muhammadiyah 4 Andong Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011

Nurcahya, Teja (2012) Pelaksanaan Pakem Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Di SMA Muhammadiyah 4 Andong Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3.HALAMAN_DEPAN2.pdf

Download (533kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4.BAB__I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
5.BAB__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab III)
6.BAB__III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab IV)
7.BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] PDF (Bab V)
8.BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
2.naskah_publikasi_ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)

Abstract

Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) merupakan salah satu model pembelajaran yang baru dikembangkan di Indonesia. Metodologi pembelajaran agama Islam yang diterapkan masih mempertahankan cara-cara lama (tradisional) seperti ceramah, menghafal dan demonstrasi, praktik-praktik ibadah yang tampak kering, sehingga minat siswa terhadap mata pelajaran pendidikan agama diakui sangat minim, siswa lebih suka dengan mata pelajaran berbasis teknologi dan informasi. SMA Muhammadiyah 4 Andong adalah salah satu sekolah yang menggunakan metode PAKEM untuk menarik minat siswa dalam belajar terutama dalam mata pelajaran Al- Islam. Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka pokok permasalahan penelitian ini adalah: Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode PAKEM di SMA Muhammadiyah 4 Andong, apa faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan metode ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode PAKEM, serta faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan metode ini, adapun manfaat penelitian bagi sekolah diharapkan dapat menjadi bahan masukan dan pertimbangan untuk pengembangan dan kemajuan sekolah sehingga tujuan pembelajaran Al-Qur’an yang telah ditetapkan dapat tercapai dengan baik, bagi peneliti, penelitian ini sebagai sarana untuk membuktikan kebenaran teori- teori yang ada dengan keadaan yang lebih nyata Jika ditinjau dari tempat penelitian, maka penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif, sedangkan subyek dan sumber data adalah kepala sekolah, guru yang mengajar Al-Qur’an dan para siswa siswi, adapun teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumen, selanjutnya dilakukan analisis data kualitatif yaitu: proses memakai data perolehan, mengorganisasi data, menyusun data dan merakitnya dalam kesatuan yang logis. Berdasarkan hasil analisis ini dapat ditarik kesimpulan bahwa proses pembelajaran Al- Qur’an di SMA Muhammadiyah 4 Andong dilakukan dengan tiga tahap yaitu : tahap membuka pelajaran, menyampaikan materi, dan mengakhiri pelajaran. Adapun faktor pendukungnya adalah tenaga pendidik sebagian besar lulusan tarbiyah, fasilitas yang memadai dan anak lebih bersemangat dengan metode PAKEM, sedangkan faktor penghambatnya adalah waktu mengajar yang kurang, saat kegiatan belajar-mengajar ada beberapa siswa yang membuat keributan dan mengabaikan instruksi, serta sebagian siswa ada yang tidak lancar dan belum bisa membaca Al- Qur’an . Maka dari itu pelaksanaan PAKEM diharapkan bisa diterapkan dengan bijaksana, sesuai dengan undang-undang, sehingga proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mata pelajaran Al-Qur’an, metode pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan (PAKEM).
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 28 Sep 2012 06:48
Last Modified: 28 Sep 2012 06:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20357

Actions (login required)

View Item View Item