Upaya Meningkatan Kemampuan Membaca Al Quran Melalui Metode Peer Teaching Siswa Kelas Viiif Smp Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2011 / 2012 ( Penelitian Tindakan Kelas Smp Muhammadiyah 5 Surakarta )

RETDUWAN, RETDUWAN (2012) Upaya Meningkatan Kemampuan Membaca Al Quran Melalui Metode Peer Teaching Siswa Kelas Viiif Smp Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2011 / 2012 ( Penelitian Tindakan Kelas Smp Muhammadiyah 5 Surakarta ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (610kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
Bab_I.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (BAB II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (BAB III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (BAB IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (BAB V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
lAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (238kB)

Abstract

Tujuan Penelitian untuk mengetauhi efekivitas penerapan metode Peer teaching terhadap kemampuan membaca Al Quran serta mengetauhi ketuntasan hasil belajar siswa kelas VIIIF SMP Muhammdiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas adalah kemampuan membaca Al Quran, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode peer teaching. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri 4 tahapan, yaitu :perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas VIIIF SMP Muhammdiyah 5 Surakarta yang berjumlah 34 siswa. Subjek diambil dengan alasan peneliti dalam mengambil subjek secara klasikal. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi, sajian data, penarikan kesimpulan, serta menggunakan teknik komparatif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I menunjukkan peningkatan kemampuan membaca Al Quran untuk aspek lafal dan intonasi. Untuk aspek lafal nilai rata-ratanya 77,21 dengan prosentase siswa mencapai nilai KKM sebanyak 76%, aspek intonasi nilai rata-ratanya 76,76 dengan prosentase siswa mencapai nilai KKM sebanyak 67%. Pada Siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan membaca Al Quran untuk aspek lafal, intonasi, dan makhraj. Aspek lafal nilai rata-ratanya 81,47 dengan prosentase siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 91%, untuk aspek intonasi nilai rata-ratanya 80,88 dengan prosentase siswa yang memncapai nilai KKM sebanyak 85%, dan aspek makhraj nilai rata-ratanya 76,76 dengan prosentase siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 76%. Pada akhir siklus III menunjukkan peningkatan kemampuan membaca Al Quran pada aspek lafal, intonasi, makhraj dan tajwid. Aspek lafal nilai rata ratanya 86,32 dengan prosentase siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 100%, aspek intonasi nilai rata-ratanya 86,32 dengan prosentase siswa mencapai nilai KKM sebanyak 100%, Aspek makhraj nilai rata-ratanya 81,47 dengan prosentase siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 100%,dan aspek tajwid nilai rata-ratanya 76,76 dengan prosentase siswa mencapai nilai KKM sebanyak 91%. Dengan demikian Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Quran Dengan Metode Peer Teaching Siswa Kelas VIIIF SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 terbukti berhasil.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Membaca Al Quran, Metode Peer Teaching, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 27 Sep 2012 14:56
Last Modified: 27 Sep 2012 14:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20342

Actions (login required)

View Item View Item