Peningkatan Kecerdasan Anak Emosi Melalui Bermain Tebak Ekspresi (Penelitian Tindakan Kelas Di Tk An Nisa`2 Kelompok “B” Wonokerso Kedawung Sragen Tahun Ajaran 2011/2012)

Ekawati, Safitri (2012) Peningkatan Kecerdasan Anak Emosi Melalui Bermain Tebak Ekspresi (Penelitian Tindakan Kelas Di Tk An Nisa`2 Kelompok “B” Wonokerso Kedawung Sragen Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf

Download (148kB)
[img] PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI_SAFITRI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan emosi anak dalam pembelajaran melalui kegiatan bermain tebak ekspresi pada anak kelompok ”B” TK An Nisa` 2 Wonokerso, Kedawung, Sragen tahun ajaran 2011/2012.Penerima tindakan adalah seluruh anak kelompok B TK An Nisa` 2 Wonokerso, Kedawung, Sragen tahun ajaran 201012012 yang berjumlah 15 anak. Pelaksanaan tindakan adalah peneliti, sedangkan guru bertindak sebagai kolaborator. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data secara deskiptif kualitatif dengan model alur yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan emosi anak secara berarti dalam proses pembelajaran melalui bermain tebak ekspresi. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan anak yang meliputi tiga indikator dengan enam butir amatan yaitu dengan indikator memahami ekspresi wajah orang lain, mampu mengendalikan perasaan dalam dirinya, mampu bersikap tenang dalam situasi apapun. Pada siklus I peningkatan mencapai 47 %, pada siklus ke II mencapai 60 %, pada siklus III mencapai 83%. Dari Penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan kegiatan bermain tebak ekspresi dalam pembelajaran di TK dapat meningkatkan kecerdasan emosi anak .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosi, Bermain Tebak Ekspresi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 20 Sep 2012 13:33
Last Modified: 21 Sep 2012 09:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20151

Actions (login required)

View Item View Item