Ekawati, Safitri (2012) Peningkatan Kecerdasan Anak Emosi Melalui Bermain Tebak Ekspresi (Penelitian Tindakan Kelas Di Tk An Nisa`2 Kelompok “B” Wonokerso Kedawung Sragen Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf Download (148kB) |
|
PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
||
PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
||
PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (125kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (753kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI_SAFITRI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan emosi anak dalam pembelajaran melalui kegiatan bermain tebak ekspresi pada anak kelompok ”B” TK An Nisa` 2 Wonokerso, Kedawung, Sragen tahun ajaran 2011/2012.Penerima tindakan adalah seluruh anak kelompok B TK An Nisa` 2 Wonokerso, Kedawung, Sragen tahun ajaran 201012012 yang berjumlah 15 anak. Pelaksanaan tindakan adalah peneliti, sedangkan guru bertindak sebagai kolaborator. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data secara deskiptif kualitatif dengan model alur yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan emosi anak secara berarti dalam proses pembelajaran melalui bermain tebak ekspresi. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan anak yang meliputi tiga indikator dengan enam butir amatan yaitu dengan indikator memahami ekspresi wajah orang lain, mampu mengendalikan perasaan dalam dirinya, mampu bersikap tenang dalam situasi apapun. Pada siklus I peningkatan mencapai 47 %, pada siklus ke II mencapai 60 %, pada siklus III mencapai 83%. Dari Penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan kegiatan bermain tebak ekspresi dalam pembelajaran di TK dapat meningkatkan kecerdasan emosi anak .
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosi, Bermain Tebak Ekspresi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 20 Sep 2012 13:33 |
Last Modified: | 21 Sep 2012 09:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20151 |
Actions (login required)
View Item |