Peningkatkan Kemampuan Logika Matematika Anak Tk B Melalui Metode Pemecahan Masalah Di Tk ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Kauman Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2011/2012

LESTARI , WIJI (2012) Peningkatkan Kemampuan Logika Matematika Anak Tk B Melalui Metode Pemecahan Masalah Di Tk ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Kauman Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (834kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (234kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan logika-matematika melalui metode pemecahan masalah pada anak TK Kelompok B. Penelitian dilakukan di TK ‟ Aisyiyah Bustanul Athfal Kauman Cawas. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK ‟ Aisyiyah Bustanul Athfal Kauman Cawas,jumlah anak dalam satu kelas yaitu 36 anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus di dalamnya dilakukan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini bertujuan dengan diterapkannya metode pemecahan masalah prosentase rata-rata kemampuan logika-matematika anak satu kelas mencapai 90%. Kemampuan logika-matematika anak pada setiap siklus menunjukkan peningkatan. Sebelum diberikan tindakan rata-rata prosentase kemampuan logika-matematika anak satu kelas 59,35% dan masih ada 17 anak yang belum mencapai nilai KKM yang ditentukan. Pada siklus I prosentase meningkat menjadi 79,55% dan anak yang belum mencapai nilai KKM menjadi 10 anak, dilanjutkan dengan pemberian tindakan pada siklus II, prosentase kemampuan logika-matematika anak satu kelas menjadi 85,25% dan anak yang belum mencapai nilai KKM 7 anak, selanjutnya diberikan tindakan lagi pada siklus III prosentase rata-rata satu kelas sudah mencapai 90,37% dan anak yang belum mencapai KKM tinggal 4 anak. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan logika-matematika anak TK B di TK ‟ Aisyiyah Bustanul Athfal Kauman Cawas Tahun Ajaran 2011/2012 dapat ditingkatkan melaluai metode pemecahan masalah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Logika-Matematika, Metode Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 20 Sep 2012 13:08
Last Modified: 21 Sep 2012 10:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20148

Actions (login required)

View Item View Item