LESTARI , WIJI (2012) Peningkatkan Kemampuan Logika Matematika Anak Tk B Melalui Metode Pemecahan Masalah Di Tk ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Kauman Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (834kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (679kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (234kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan logika-matematika melalui metode pemecahan masalah pada anak TK Kelompok B. Penelitian dilakukan di TK ‟ Aisyiyah Bustanul Athfal Kauman Cawas. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK ‟ Aisyiyah Bustanul Athfal Kauman Cawas,jumlah anak dalam satu kelas yaitu 36 anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus di dalamnya dilakukan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini bertujuan dengan diterapkannya metode pemecahan masalah prosentase rata-rata kemampuan logika-matematika anak satu kelas mencapai 90%. Kemampuan logika-matematika anak pada setiap siklus menunjukkan peningkatan. Sebelum diberikan tindakan rata-rata prosentase kemampuan logika-matematika anak satu kelas 59,35% dan masih ada 17 anak yang belum mencapai nilai KKM yang ditentukan. Pada siklus I prosentase meningkat menjadi 79,55% dan anak yang belum mencapai nilai KKM menjadi 10 anak, dilanjutkan dengan pemberian tindakan pada siklus II, prosentase kemampuan logika-matematika anak satu kelas menjadi 85,25% dan anak yang belum mencapai nilai KKM 7 anak, selanjutnya diberikan tindakan lagi pada siklus III prosentase rata-rata satu kelas sudah mencapai 90,37% dan anak yang belum mencapai KKM tinggal 4 anak. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan logika-matematika anak TK B di TK ‟ Aisyiyah Bustanul Athfal Kauman Cawas Tahun Ajaran 2011/2012 dapat ditingkatkan melaluai metode pemecahan masalah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Logika-Matematika, Metode Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 20 Sep 2012 13:08 |
Last Modified: | 21 Sep 2012 10:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20148 |
Actions (login required)
View Item |