FATHURROHMAN, ANANG (2012) Implementasi Praktik Mengajar Siswa Kelas 6 Di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Hal depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (311kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (64kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
|
PDF (Dapus)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (307kB) |
Abstract
Praktik mengajar bagi siswa merupakan sarana terbaik dalam mengajar, karena dengan praktik mengajar, seorang siswa praktikan dituntut untuk menguasai materi sekaligus memiliki kemampuan dalam menjelaskan materi tersebut kepada peserta didik. Kegiatan tersebut menjadi patut dicermati, terutama bagi warga Muhammadiyah pada khususnya dan para pecinta pendidikan pada umumnya, manakala kegiatan tersebut dilakukan oleh Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, yang notabene sekolah tersebut merupakan sekolah kader pertama di negara ini sekaligus merupakan sekolah Muhammadiyah yang berada di bawah Pimpinan Pusat Muhammadiyah secara langsung. Berkenaan dengan latar belakang masalah di atas, maka sebagai titik fokus dalam pembahasan adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi praktik mengajar pada siswa kelas 6 di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun pelajaran 2009/2010, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi praktik mengajar siswa kelas 6 di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun pelajaran 2009/2010. Untuk mewujudkan tujuan penulisan di atas, maka diadakan penelitian, secara umum dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang menggunakan studi deskriptif, yaitu dengan menggunakan gambaran secara faktual, akurat dan sistematis mengenai kasus dan peristiwa serta fenomena yang diteliti. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan observasi. Sedangkan metode analisis datanya adalah metode deskriptif, kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa implementasi praktik mengajar siswa Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun pelajaran 2009/2010, dalam perencanaanya sudah sesuai dengan teori pembelajaran mikro, yang disusun dalam bentuk RPP dan persiapan materi, namun dalam pemilihan metode belum banyak menguasai karena belum adanya pembekalan secara khusus tentang macam-macam metode pengajaran efektif. Semantara dalam pelaksanaan dan evaluasi praktik sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan teori praktik mengajar dan teori evaluasi penilaian.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Praktik Mengajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 19 Sep 2012 11:17 |
Last Modified: | 19 Sep 2012 12:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20097 |
Actions (login required)
View Item |