WIDIHASTUTI, YULI (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membedakan Perilaku Baik Dan Buruk Melalui Metode Bercerita Dengan Media Papan Flanel Pada Anak Di Kelompok B Tk Satu Atap Gondangrawe Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Hal. Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (353kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (39kB) |
|
PDF (bab 2)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
||
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf Download (26kB) |
|
|
PDF (daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (169kB) |
Abstract
anak perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik perhatian anak dan bermakna bagi anak. Salah satu bentuk peningkatan kemampuan membedakan perilaku baik dan buruk adalah melalui bercerita dengan media papan flanel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membedakan perilaku baik dan buruk. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, sedangkan subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Satu Atap Gondangrawe semester I tahun ajaran 2012/ 2013. Adapun jumlah anak didiknya adalah 30 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dengan teman sejawatnya. Dalam penelitian ini peneliti berperan sebagai pelaksana tindakan dan observer, sedang teman sejawat membantu mengamati selama proses pembelajaran berlangsung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, penugasan, dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dan dilakukan dengan teknik interaktif dan komparatif dari data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam kemampuan membedakan perilaku baik dan buruk melalui metode bercerita dengan media papan flanel. Hal ini dibuktikan dengan prosentase keberhasilan dari prasiklus 30,14 %, siklus I diperoleh 40,92 %, siklus II 61,68 %, dan pada siklus III mencapai 82,97 %. Kesimpulan dan penelitian ini adalah penerapan metode bercerita dengan media papan flanel dapat meningkatkan kemampuan membedakan perilaku baik dan buruk pada anak kelompok B TK Satu Atap Gondangrawe.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membedakan baik buruk, bercerita papan flanel. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Sapta Pujianta, S.I.Pust |
Date Deposited: | 19 Sep 2012 10:43 |
Last Modified: | 10 Mar 2015 07:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20087 |
Actions (login required)
View Item |