Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Kerjasama Dalam Belajar Pkn Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model Cooperative Script Pada Siswa Kelas III SDN 1 Ngrakum Kemusu Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013

Guswanta, Guswanta (2012) Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Kerjasama Dalam Belajar Pkn Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model Cooperative Script Pada Siswa Kelas III SDN 1 Ngrakum Kemusu Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
00.depan.pdf

Download (294kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01._bab_satu.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Bab II)
02._bab_dua.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab III)
03._bab_tiga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab IV)
04._bab_empat.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] PDF (Bab V)
05._bab_lima.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06._pustaka.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
07._lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (466kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode cooperative script dapat meningkatkan keaktifan dan kerjasama dalam belajar PKn pada siswa kelas III SDN 1 Ngrakum Kemusu Boyolali tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah PTK. Subyek yang menerima tindakan adalah siswa kelas III SDN 1 Ngrakum Kemusu Boyolali yang berjumlah 15 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui tiga langkah yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan kerjasama. Peningkatan keaktifan siswa terlihat dari semakin bertambahnya jumlah siswa yang berpartisipasi dalam proses pembelajaran disetiap siklusnya, dengan jumlah perlakuan sebanyak 2 siklus penelitian tindakan kelas. Hasil siklus I untuk keaktifan adalah 64,2% dan siklus II adalah 83%. Peningkatan kerjasama siswa terlihat dari aktifitas siswa dalam mengerjakan tugas secara kelompok. Hasil siklus I untuk kerjasama adalah 61,4% dan pada siklus II hasilnya adalah 94%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: cooperative script, keaktifan, kerjasama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Sep 2012 08:48
Last Modified: 18 Sep 2012 08:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20033

Actions (login required)

View Item View Item