Perbedaan Hasil Belajar Biologi Antara Pembelajaran Strategi Guided Note Taking Dengan Strategi Questions Students Have Materi Fotosintesis Siswa Kelas VIII SMP Al Islam Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012

Widiyanti, Efa Dina (2012) Perbedaan Hasil Belajar Biologi Antara Pembelajaran Strategi Guided Note Taking Dengan Strategi Questions Students Have Materi Fotosintesis Siswa Kelas VIII SMP Al Islam Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (483kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (449kB)

Abstract

Pendidikan merupakan upaya manusia untuk memperluas pengetahuan dalam membentuk nilai, sikap, dan perilaku. Pendidikan akan membawa perubahan sikap, perilaku dan nilai-nilai pada individu, kelompok, dan masyarakat. Melalui pendidikan diharapkan mampu membentuk individu-individu yang berkompetensi dibidangnya sehingga sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi antara pembelajaran strategi Guided Note Taking dengan strategi Questions Students Have pada materi fotosintesis. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Al Islam Kartasura Sukoharjo. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen pendidikan. Populasi ini adalah siswa kelas VIII SMP Al Islam Kartasura Sukoharjo dan sampel menggunakan 3 kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 1 (pembelajaran menggunakan strategi Guided Note Taking) sebanyak 29 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 2 (pembelajaran menggunakan strategi Questions Students Have) sebanyak 27 siswa, sedangkan kelas VIII C sebagai kelas kontrol sebanyak 29 siswa. Teknik penentuan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik penggumpulan data hasil belajar dengan menggunakant tes (pre test dan post test), observasi dan dokumentasi. Analisis data untuk uji hipotesis dilakukan dengan uji analisis of varians (Anava), tetapi sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan signifikansi 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa materi fotosisntesis antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dimana nilai ratarata kelas eksperimen 1 (strategi Guided Note Taking) = 80,69, kelas eksperimen 2 (strategi Questions Students Have) = 70,74 dan kelas kontrol (metode ceramah) = 60,34, (2) Pembelajaran kelas eksperimen 1 (strategi Guided Note Taking) lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran kelas eksperimen 2 (strategi Questions Students Have) ditinjau dari hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran strategi Guided Note Taking, strategi Questions Students Have, Hasil belajar, Fotosintesis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 17 Sep 2012 06:05
Last Modified: 17 Sep 2012 08:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19970

Actions (login required)

View Item View Item