Peningkatan Rasa Percaya Diri Dan Kemampuan Interaksi Sosial Melalui Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Bustanul Athfal Aisyiyah Kunden Bulu Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012

Yuni, Listia (2012) Peningkatan Rasa Percaya Diri Dan Kemampuan Interaksi Sosial Melalui Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Bustanul Athfal Aisyiyah Kunden Bulu Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (176kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan interaksi sosial melalui bermain peran pada anak kelompok B di Bustanul Athfal Aisyiyah Kunden Bulu Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dengan metode observasi dan dokumentasi. Dilakukan dengan empat tahap (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Adapun analisis data digunakan metode deskriptif yaitu melalui pengumpulan data, reduksi data.penyajian data, dan menarik kesimpulan. Dari 18 anak yang di teliti di peroleh nilai rata – rata kemampuan anak sebelum di adakan tindakan, siklus I, siklus II, siklus III = 2,0; 2,5; 2,7; 3,1. Sedangkan pencapaian kriteria ketuntasan minimal sebelum tindakan 2 anak atau 11%, siklus I mencapai 5 anak atau 28%, siklus II mencapai 12 anak atau 67%, dan siklus III meningkat menjadi 15 anak atau sebesar 83%. Oleh karena itu hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan interaksi sosial pada anak kelompok B di Bustanul Athfal Aisyiyah kunden bulu, sukoharjo tahun pelajaran 2011 / 2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rasa Percaya Diri, Interaksi Sosial, Bermain Peran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 13 Sep 2012 08:57
Last Modified: 13 Sep 2012 08:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19931

Actions (login required)

View Item View Item