Fitriaji, Ria (2012) Implementasi Nilai-Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini Melalui Media Dongeng Anak Di PG Suri Tauladan Banjaran, Taman, Pemalang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
3.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (435kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4.BAB_I.pdf Download (112kB) |
|
PDF (Bab II)
5.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
PDF (Bab III)
6.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
PDF (Bab IV)
7.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
PDF (Bab V)
8.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
|
PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
2.NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (328kB) |
Abstract
Perkembangan moral dan agama anak sulit untuk diatur pada zaman yang modern ini.. Upaya yang dilakukan pendidik adalah dengan implementasi nilai-nilai moral dan agama melalui media dongeng. Dongeng dapat menimbulkan sifat-sifat baik pada anak khususnya di PG Suri Tauladan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai moral dan agama pada anak yang terdapat dalam dongeng, untuk mengetahui implementasi penanaman nilai moral dan agama pada anak melalui dongeng dan untuk mengetahui peranan media dongeng anak dalam penanaman nilai moral dan agama pada anak. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian berupa nilai-nilai moral dan agama yang ada dalam dongeng anak. Metode xv pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis model interaktif (interaktif model of analisis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak PG Suri Tauladan lebih senang belajar jika diselingi dengan dongeng maupun cerita-cerita islami yang menarik. Hal ini didasarkan pada wawancara yang dilakukan dengan beberapa guru di PG Suri Tauladan. Kesimpulan penelitian ini yaitu media dongeng anak dapat digunakan untuk menerapkan nilai-nilai moral dan agama pada peserta didik PG Suri Tauladan serta memiliki peranan penting dalam pengembangan kepribadian anak khususnya anak usia dini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | nilai-nilai moral, nilai-nilai agama, media dongeng anak |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 13 Sep 2012 07:25 |
Last Modified: | 13 Sep 2012 07:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19920 |
Actions (login required)
View Item |