Abriyani, Riyana (2012) Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 04 Tegalgede Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (437kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3_RINANA_BAB_1.pdf Download (92kB) |
|
PDF (Bab II)
4_RINANA_BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
||
PDF (Bab III)
5_RIYANA_BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
||
PDF (Bab IV)
6_RIYANA_BAB_4_NEW.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
PDF (Bab V)
7_RINANA_BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8_RINANA_BAB_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
PDF (Lampiran)
9_RINANA_BAB_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (250kB) |
Abstract
Kemandirian siswa dalam belajar sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar, kemandirian yang dimiliki diharapkan siswa dapat memanfaatkan waktu baik disekolah maupun dirumah, maupun buku-buku pegangan yang ditetapkan oleh guru, perpustakaan sekolah, dan lain sebagainya, demikian juga lingkungan belajar siswa diantaranya lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPS, pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar IPS, pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar IPS kelas V SD Negeri 04 Tegelgede Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 04 Tegalgede pada semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 20 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini merupakan sampel populasi. Teknik pengumpulan datanya dengan dokumentasi, angket dan observasi. Alat analisis data yang digunakan dengan analisis regresi, uji F, korelasi, dan uji t. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah : (1) Kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 04 Tegalgede Tahun Pelajaran 2011/2012, dengan kontribusi sebesar 37,40%; (2) Lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 04 Tegalgede Tahun Pelajaran 2011/2012, dengan kontribusi sebesar 55,90%; (3) Kemandirian belajar dan Lingkungan belajar berhubungan positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 04 Tegalgede Tahun Pelajaran 2011/2012, dengan kontribusi sebesar 46,30%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian belajar, lingkungan belajar, prestasi belajar IPS. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 13 Sep 2012 05:39 |
Last Modified: | 13 Sep 2012 05:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19916 |
Actions (login required)
View Item |