Susilowati, Retna Tri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Siswa Kelas IV SDN 01 Kalisoro Tawangmangu Karanganyar Tahun Ajaran 2011/201. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf Download (284kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (288kB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012 melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Bentuk penelitian dalam skripsi ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan populasi dalam penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Kalisoro tahun 2011/2012 dengan jumlah populasi sebanyak 32 siswa. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang ada di kelas IV SD Negeri 01 Kalisoro yang berjumlah 32 siswa. Dalam pengumpulan data, metode yang dipergunakan yaitu metode pokok yang meliputi metode test, observasi dan dokumentasi. Metode test digunakan untuk mendapatkan prestasi belajar matematika setelah siswa mendapatkan pengajaran siklus I dan siklus II., metode observasi digunakan untuk mengetahui kondisi sekolah, kondisi siswa saat mendapatkan pengajaran baik pada siklus I, maupun II, metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui nama responden penelitian. Untuk menguji kesahihan data digunakan triangulasi data, dan triangulasi metode. Dalam proses analisa ada tiga komponen yang harus disadari oleh peneliti. Tiga komponen tersebut adalah : 1) data reduksi; 2) sajian data, 3) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Adanya peningkantan rata-rata yang diperoleh siswa. Pada data awal 61,09; kemudian pada test siklus pertama 70,78: pada siklus kedua menjadi 74,92. 2) adanya peningkatan prosentase ketuntasan belajar siswa yang pada data awal hanya 46,87% dan pada test sisklus pertama 71,87% pada siklus Kedua menjadi 81,25%. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui strategi Pembelajaran berbasis Masalah (PBM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 01 Kalisoro Tawangmangu tahun 2011/2012 .
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Sep 2012 11:09 |
Last Modified: | 12 Sep 2012 11:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19905 |
Actions (login required)
View Item |