Setiati, Hesti (2012) Upaya Peningkatan Pemahaman Materi IPA Dengan Menggunakan Metode Group Discussion Pada Siswa Kelas V SD Bangsalan Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (287kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3-BAB_-1-HESTI_SKRIPSI.pdf Download (122kB) |
|
PDF (Bab II)
4-BAB_-2-HESTI_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
PDF (Bab III)
5-BAB_-3-HESTI_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
||
PDF (Bab IV)
6-BAB_-04-HESTIN_UMS.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
||
PDF (Bab V)
7-BAB_5-HESTIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8-DAFTAR_PUSTAKA_HESTI-pasca_dadar.pdf Download (113kB) |
|
PDF (Lampiran)
9-LAMPIRAN-LAMPIRAN-HESTIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH-PUBLIKASI_JURNAL-HESTI_SETIATI-PGSD.pdf Download (284kB) |
Abstract
Permasalahan yang ada di kelas V SDN Bangsalan Teras Boyolali diketahui rendahnya kemampuan siswa dalam mengingat sebagai komponen pemahaman konsep dan rendahnya keaktifan dan kerjasama siswa dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran IPS dengan metode group discussion pada siswa kelas V SD N 2 Bangsalan Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SDN Bangsalan Teras Boyolali semester genap tahun pelajaran 2011/2012 sebanyakk 21 anak. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Alat analisis data yang digunakan dengan analisis diskriptif kualitatif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini diketahui dari hasil analisis data rata-rata tingkat pemahaman materi IPS dari pra siklus sebesar 57,70 meningkat tingkat pemahaman materi IPS pada tes Siklus I menjadi 65,50 bahkan kemudian meningkat lagi pada tingkat pemahaman materi IPS pada Siklus II menjadi 73,70, hal ini berarti hipotesisnya yang menyatakan bahwa ”melalui pembelajaran dengan metode group discussion dapat meningkatkan pemahaman materi IPS pada siswa kelas V SD Negeri 2 Bangsalan tahun pelajaran 2011/2012”, terbukti kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman materi IPS, metode group discussion |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Sep 2012 09:36 |
Last Modified: | 17 Jan 2019 08:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19886 |
Actions (login required)
View Item |