Widodo, Tri (2012) Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas IV MIM Ngwaru Plosorejo Matesih Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (488kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (106kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (59kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (582kB) |
Abstract
Permasalah pokok dalam penelitian ini adalah aktifitas belajar siswa yang rendah sehingga hasil belajar menurun. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa pada kelas IV MIM Ngwaru Plosorejo Matesih tahun pelajaran 2011/2012 dengan penerapan metode Inkuiri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTKh). Subjek penelitian ini guru sebagai pembimbing dan siswa kelas IV MIM Ngwaru Plosorejo Matesih sebagai penerima. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama 6 bulan, mulai bulan januari sampai dengan bulan juli 2012. Penelitian dilakukan dari tahap persiapan sampai tahap pelaporan melalui 2 siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik kualitatif dari setiap siklus selama 2 siklus. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika materi bangun ruang sederhana siswa kelas IV MIM Ngwaru Plosorejo Matesih Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil belajar siswa sebelum tindakan dengan sesudah tindakan setiap siklusnya selalu mengalami peningkatan hasil belajar dari 75% atau 17 siswa pada siklus I, menjadi 90% atau 18 siswa pada siklus II yang berhasil mencapai nilai KKM.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meningkatkan aktifitas belajar siswa, inkuiri. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Sep 2012 06:07 |
Last Modified: | 12 Sep 2012 06:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19873 |
Actions (login required)
View Item |