Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Poster Session Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Margorejo I Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012

Rahmawati, Atika Nur (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Poster Session Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Margorejo I Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (416kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (349kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Poster Session pada siswa kelas IV SD Negeri Margorejo I Surakarta Tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Margorejo I Surakarta berjumlah 34 orang dan guru kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dua kali pertamuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS sebelum pelaksanaan tindakan siswa yang mencapai KKM(65) ada 22 siswa dengan prosentase 65% setelah pelaksanaan tindakan siklus I siswa mencapai KKM 28 siswa dengan prosentase 82%, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar yang mencapai KKM 31 siswa prosentase 91%. Dengan demikian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran poster Session dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS, model pembelajaran poster session
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 11 Sep 2012 09:52
Last Modified: 11 Sep 2012 09:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19836

Actions (login required)

View Item View Item