Studi Perbandingan Metode Inkuiri Dengan Strategi Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 16 Karangasem Tahun 2011/2012

Sistiati, Heni (2012) Studi Perbandingan Metode Inkuiri Dengan Strategi Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 16 Karangasem Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (803kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (129kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (446kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPA antara penerapan metode inkuiri dengan strategi Everyone Is A Teacher Here pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 16 Karangasem tahun 2011/2012, (2) manakah yang lebih besar pengaruhnya terhadap hasil belajar IPA antara metode inkuiri dengan strategi everyone is a teacher here pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 16 Karangasem. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Muhammadiyah 16 Karangasem tahun pelajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas A yang dikenai metode inkuiri dan kelas B yang dikenai strategi Everyone Is A Teacher Here. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh: (1) ada perbedaan hasil belajar IPA antara penerapan metode inkuiri dengan strategi Everyone Is A Teacher Here, dibuktikan dengan thitung > ttabel, yaitu 3,088 > 2,390, (2) strategi Everyone Is A Teacher Here memberikan pengaruh lebih besar terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode inkuiri, dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar IPA kelas B lebih besar dibandingkan kelas A, yaitu 79,41 > 71,83

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode inkuiri, strategi everyone is a teacher here, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 11 Sep 2012 08:46
Last Modified: 11 Sep 2012 08:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19831

Actions (login required)

View Item View Item