Penerapan Model Pembelajaran Pohon Jaringan (Network Tree) Tentang Sumber Daya Alam Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Delingan Karanganyar

Yuniati, Yuniati (2012) Penerapan Model Pembelajaran Pohon Jaringan (Network Tree) Tentang Sumber Daya Alam Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Delingan Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (300kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (334kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV dengan penerapan model pembelajaran pohon jaringan (network tree). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penerima tindakan adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 03 Delingan Karanganyar. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Kevalidan data dilakukan dengan trianggulasi sumber dan metode. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan, hal ini dapat dilihat dari nilai hasil belajar sebelum tindakan kelas nilai terendah 0 dan nilai tertinggi 80 setelah diadakan tindakan kelas meningkat pada siklus I yaitu nilai terendah 25 dan nilai teringgi 100 dan meningkat pada siklus II yaitu nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 100. Berdasarkan penilaian lembar pengamatan efektivitas siswa juga meningkat cukup signifikan. Sebelum tindakan kelas nilai rata-rata kelas 49,77 dan setelah diadakan tindakan kelas nilai rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus I adalah 69,31 sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 87,50. Ketuntasan belajar siswa sebelum tindakan sebanyak 9 siswa (40,90%) pada siklus I ketuntasan belajar siswa sebanyak 15 siswa (68,18%) dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa sebanyak 18 siswa (81,81%) dari jumlah siswa 22 siswa. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Pohon Jaringan (Network Tree) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 03 Delingan Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pohon Jaringan (Network Tree), Hasil Belajar, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 11 Sep 2012 06:28
Last Modified: 11 Sep 2012 06:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19818

Actions (login required)

View Item View Item