Peningkatan Hasil Belajar Melalui Strategi Pembelajaran True Or False Pada Materi Ekosistem Kelas X.1 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012skripsi

Risti, Mellindayana (2012) Peningkatan Hasil Belajar Melalui Strategi Pembelajaran True Or False Pada Materi Ekosistem Kelas X.1 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012skripsi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (17MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (127kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRANpdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (15MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang diharapkan terjadi adalah suatu proses yang dapat mengembangkan potensi-potensi siswa secara menyeluruh dan terpadu. Hasil observasi pada kelas X.1 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2011/2012 selama pembelajaran di temukan kelemahan yaitu siswa belum aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa masih rendah, maka perlu adanya suatu tindakan untuk mengatasi kelemahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah apakah strategi pembelajaran True or False dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa materi ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan strategi pembelajaran True or False yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan dengan penilaian kognitif dan afektif dalam setiap siklusnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa pada siklus I dan siklus II dilengkapi dengan analisis rata-rata nilai kognitif dan nilai afektif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I, ranah kognitif = 69,8 atau meningkat sebesar 11,5 dari nilai awal; ranah perilaku afektif = 14,5 (sangat berminat). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II, ranah kognitif = 79,1 (berhasil) atau meningkat sebesar 9,3 dari siklus I; ranah afektif = 16,3 (sangat berminat) atau meningkat sebesar 1,8 dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar biologi menggunakan strategi pembelajaran True or False pada materi ekosistem siswa kelas X.1 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2011/2012 pada penilaian aspek afektif dan aspek kognitif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar afektif - kognitif, strategi pembelajaran True or Flase
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Sep 2012 06:48
Last Modified: 10 Sep 2012 06:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19797

Actions (login required)

View Item View Item