Risti, Mellindayana (2012) Peningkatan Hasil Belajar Melalui Strategi Pembelajaran True Or False Pada Materi Ekosistem Kelas X.1 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012skripsi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (17MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (127kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (100kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRANpdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (76MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11.NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (15MB) |
Abstract
Proses pembelajaran yang diharapkan terjadi adalah suatu proses yang dapat mengembangkan potensi-potensi siswa secara menyeluruh dan terpadu. Hasil observasi pada kelas X.1 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2011/2012 selama pembelajaran di temukan kelemahan yaitu siswa belum aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa masih rendah, maka perlu adanya suatu tindakan untuk mengatasi kelemahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah apakah strategi pembelajaran True or False dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa materi ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan strategi pembelajaran True or False yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan dengan penilaian kognitif dan afektif dalam setiap siklusnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa pada siklus I dan siklus II dilengkapi dengan analisis rata-rata nilai kognitif dan nilai afektif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I, ranah kognitif = 69,8 atau meningkat sebesar 11,5 dari nilai awal; ranah perilaku afektif = 14,5 (sangat berminat). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II, ranah kognitif = 79,1 (berhasil) atau meningkat sebesar 9,3 dari siklus I; ranah afektif = 16,3 (sangat berminat) atau meningkat sebesar 1,8 dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar biologi menggunakan strategi pembelajaran True or False pada materi ekosistem siswa kelas X.1 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2011/2012 pada penilaian aspek afektif dan aspek kognitif.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar afektif - kognitif, strategi pembelajaran True or Flase |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Sep 2012 06:48 |
Last Modified: | 10 Sep 2012 06:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19797 |
Actions (login required)
View Item |