Penerapan Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (Ts-Ts) Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII B SMP Negeri 2 Pitu Ngawi)

Putri, Farida Sepriana (2012) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (Ts-Ts) Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII B SMP Negeri 2 Pitu Ngawi). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (890kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran_Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (289kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika pada siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Pitu Ngawi dengan menggunakan pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Pitu Ngawi yang berjumlah 24 siswa, dan subyek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VII B SMP Negeri 2 Pitu Ngawi. Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan selama tiga kali putaran. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi penyidik. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari: 1) siswa yang menjawab pertanyaan sebelum tindakan 20,84% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 70,84%, 2) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 16,67% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 45,84%, 3) mengemukakan pendapat sebelum tindakan 8,34% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 37,50%, 4) mempresentasikan hasil pekerjaan sebelum tindakan 12,50% dan setelah tindakan 50%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TS-TS) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Pitu Ngawi pada pokok bahasan segitiga.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan belajar siswa, Two Stay Two Stray (TS-TS)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 07 Sep 2012 06:27
Last Modified: 07 Sep 2012 06:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19777

Actions (login required)

View Item View Item