Yuniarti, Titik (2012) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Bangun Kubus Dengan Metode Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (PTK di Kelas VIII F SMP N II Tasikmadu Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (868kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB__I.pdf Download (294kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (172kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (969kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar bangun kubus dengan metode pembelajaran contextual teaching and learning. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri II Tasikmadu yang berjumlah 32 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah peneliti dibantu guru matematika kelas VIII F SMP Negeri II Tasikmadu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan metode tes. Untuk menjamin validitas data, menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar bangun kubus, yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator motivasi belajar meliputi: (1) kemauan menjawab pertanyaan sebelum tindakan 31,25 % setelah tindakan menjadi 81,48 %. (2) kemauan mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 28,13 % setelah tindakan menjadi 77,78 %, (3) kemauan menanggapi hasil diskusi sebelum tindakan 21,88 % setelah tindakan menjadi 77,78 %, dan indikator hasil belajar yaitu yang mendapat nilai ≥ KMM sebelum tindakan 40,63 % setelah tindakan menjadi 96,30 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | contextual teaching and learning, motivasi dan hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 06 Sep 2012 09:48 |
Last Modified: | 06 Sep 2012 09:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19769 |
Actions (login required)
View Item |