Penerapan Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas VII F SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2010/2011

Jiastuti, Sari Asih (2011) Penerapan Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas VII F SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ekonomi, pada siswa kelas VII F semester genap di SMP negeri 2 Colomadu Karanganyar, melalui metode Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kualitatif, dengan penarikan kesimpulan melalui tindakan kelas (PTK). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu, karanganya yang berjumlah 281 siswa, Sampel yang diambil adalah kelas VII F yang berjumlah 36 siswa diantaranya 20 putri dan 16 putra. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat ditunjukkan dari presentase peningkatan hasil belajar siswa dari tiap-tiap siklusnya dimana nilai KKM adalah sebesar 65. untuk Presentase hasil belajar pada siklus I setelah metode Think Pair Share diterapkan yaitu siswa yang mendapatkan nilai > 71 sebesar 75%, siklus II siswa yang mendapat nilai > 73 sebesar 80,6%, dan pada siklus ke III siswa yang mendapat nilai > 75 sebesar 88,9%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan metode pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa kelas VII F di SMP Negeri 2 Colomadu Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan hasil belajar, pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Sep 2012 07:17
Last Modified: 04 Sep 2012 07:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19728

Actions (login required)

View Item View Item