Sari, Tina Purnama (2011) Pengaruh Study Club Dan Keaktifan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Semester VI FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Akademik 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (76kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh study club terhadap prestasi belajar. 2) pengaruh keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar. 3) pengaruh study club dan keaktifan mahasiswa secara bersama-sama dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan akuntansi semester VI FKIP UMS Tahun Akademik 2010/ 2011 yang berjumlah 189 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 123 orang mahasiswa dengan teknik random sampling cara undian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Study club berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,049 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Keaktifan dalam proses pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,423 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Study club dan keaktifan dalam proses pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 48,667 > 3,072 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel study club memberikan sumbangan efektif 18,2%. Variabel keaktifan dalam proses pembelajaran memberikan sumbangan efektif 26,6%, jadi total sumbanga efekti adalah sebesar 44,8%, sedangkan 55,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Study club, keaktifan proses pembelajaran, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 Sep 2012 06:51 |
Last Modified: | 04 Sep 2012 06:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19725 |
Actions (login required)
View Item |