Penggunaan Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ips Ekonomi Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/ 2011

Sa’roni, Muhammad (2012) Penggunaan Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ips Ekonomi Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/ 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (150kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS ekonomi pada siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011, 2) adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS ekonomi pada siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011, 3) adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS ekonomi pada siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Al-Islam 1 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 299 siswa. Peneliti mengambil sampel sebanyak 60 siswa dengan teknik random sampling dengan cara undian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan angket. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas dan linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan persamaan garis regresi: Y = 15,016 + 0,999X1 + 0,734X2. 1) Hasil pengujian hipotesis pertama ada pengaruh positif penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS ekonomi pada siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011, yang ditunjukkan oleh thitung > ttabel, yaitu 3,709 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Hasil pengujian hipotesis kedua ada pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS ekonomi pada siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011, yang ditunjukkan oleh thitung > ttabel, yaitu 2,459 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,017. 3) Pengujian hipotesis ketiga ada pengaruh positif penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS ekonomi pada siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011, yang ditunjukkan oleh Fhitung > Ftabel, yaitu 16,373 > 3,159 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,365 menunjukkan bahwa besarnya sumbangan variabel penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS ekonomi adalah sebesar 36,5%, sisanya 63,5% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Sep 2012 06:35
Last Modified: 17 Dec 2018 08:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19722

Actions (login required)

View Item View Item