Fithriyani, Nour Afifah (2012) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Segitiga Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair And Share (TPS) (PTK di Kelas VII E SMP Negeri 2 Pemalang Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (441kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (345kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (593kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (149kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (406kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar pokok bahasan segitiga dengan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair and share (TPS). Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Pemalang yang berjumlah 30 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah peneliti dibantu guru matematika kelas VII E SMP Negeri 2 Pemalang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan metode tes. Untuk menjamin validitas data, menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar segitiga, yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator aktivitas belajar meliputi: (1) kemauan menanggapi hasil presentasi sebelum tindakan 30,00 % setelah tindakan menjadi 79,31 %. (2) kemauan menjawab pertanyaan sebelum tindakan 23,33 % setelah tindakan menjadi 86,20 %, (3) kemauan mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 23,33 % setelah tindakan menjadi 75,86 %, dan indikator hasil belajar yaitu yang mendapat nilai ≥ KMM sebelum tindakan 36,67 % setelah tindakan menjadi 89,66 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair and share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | cooperative learning tipe think pair and share (TPS), aktivitas dan hasil belaja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 03 Sep 2012 09:47 |
Last Modified: | 03 Sep 2012 09:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19715 |
Actions (login required)
View Item |