Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Segitiga Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair And Share (TPS) (PTK di Kelas VII E SMP Negeri 2 Pemalang Tahun Ajaran 2011/2012)

Fithriyani, Nour Afifah (2012) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Segitiga Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair And Share (TPS) (PTK di Kelas VII E SMP Negeri 2 Pemalang Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (441kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (345kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (406kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar pokok bahasan segitiga dengan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair and share (TPS). Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Pemalang yang berjumlah 30 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah peneliti dibantu guru matematika kelas VII E SMP Negeri 2 Pemalang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan metode tes. Untuk menjamin validitas data, menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar segitiga, yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator aktivitas belajar meliputi: (1) kemauan menanggapi hasil presentasi sebelum tindakan 30,00 % setelah tindakan menjadi 79,31 %. (2) kemauan menjawab pertanyaan sebelum tindakan 23,33 % setelah tindakan menjadi 86,20 %, (3) kemauan mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 23,33 % setelah tindakan menjadi 75,86 %, dan indikator hasil belajar yaitu yang mendapat nilai ≥ KMM sebelum tindakan 36,67 % setelah tindakan menjadi 89,66 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair and share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: cooperative learning tipe think pair and share (TPS), aktivitas dan hasil belaja
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 03 Sep 2012 09:47
Last Modified: 03 Sep 2012 09:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19715

Actions (login required)

View Item View Item