Peningkatan Minat Belajar Matematika Siswa Dengan Media Pembelajaran Interaktif (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X PM 1 Semester Genap SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012)

Sugiyarni, Tria (2012) Peningkatan Minat Belajar Matematika Siswa Dengan Media Pembelajaran Interaktif (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X PM 1 Semester Genap SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (799kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img]
Preview
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf

Download (168kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (371kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar barisan dan deret pada siswa kelas X Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Banyudono dengan media pembelajaran interaktif menggunakan Macromedia Flash 8. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas X Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Banyudono yang berjumlah 36 siswa, dan subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas X Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Banyudono. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur, yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan minat belajar, hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator minat belajar, yaitu: (1) minat siswa dalam menyiapkan buku pelajaran meningkat dari 19,4% menjadi 69,4%, (2) minat siswa dalam mengerjakan tugas meningkat dari 13,9% menjadi 61,1% (3) minat siswa dalam menjawab pertanyaan dari guru meningkat dari 5,6% menjadi 44,4% (4) minat siswa memperhatikan pelajaran meningkat dari 11,1% menjadi 54,7%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif menggunakan Macromedia Flash 8 dapat meningkatkan minat belajar barisan dan deret pada siswa kelas X Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Banyudono.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat, media_interaktif, macromedia_flash8
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Sep 2012 06:20
Last Modified: 03 Sep 2012 06:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19705

Actions (login required)

View Item View Item