Sugiyarni, Tria (2012) Peningkatan Minat Belajar Matematika Siswa Dengan Media Pembelajaran Interaktif (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X PM 1 Semester Genap SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (799kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (166kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
||
|
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Download (168kB) |
|
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (213kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (371kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar barisan dan deret pada siswa kelas X Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Banyudono dengan media pembelajaran interaktif menggunakan Macromedia Flash 8. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas X Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Banyudono yang berjumlah 36 siswa, dan subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas X Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Banyudono. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur, yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan minat belajar, hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator minat belajar, yaitu: (1) minat siswa dalam menyiapkan buku pelajaran meningkat dari 19,4% menjadi 69,4%, (2) minat siswa dalam mengerjakan tugas meningkat dari 13,9% menjadi 61,1% (3) minat siswa dalam menjawab pertanyaan dari guru meningkat dari 5,6% menjadi 44,4% (4) minat siswa memperhatikan pelajaran meningkat dari 11,1% menjadi 54,7%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif menggunakan Macromedia Flash 8 dapat meningkatkan minat belajar barisan dan deret pada siswa kelas X Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Banyudono.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat, media_interaktif, macromedia_flash8 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Sep 2012 06:20 |
Last Modified: | 03 Sep 2012 06:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19705 |
Actions (login required)
View Item |