Ahmad, Immawan Syafrida (2012) Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Learning (PTK di SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali Kelas VII Tahun 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (806kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (88kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (76kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran Quantum Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitan kualitatif dengan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali, yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan observasi terus menerus dan triangulasi data. Teknik analisis data dengan metode alur dimana meliputi pengumpulan data, pengujian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator peningkatan motivasi belajar siswa meliputi: a) Bertanya kepada guru tentang materi yang telah disampaikan dan mengungkapkan ide sebelum tindakan 9,375% dan di akhir tindakan 78,125 %. b). Antusiasme mengerjakan soal latihan didepan kelas sebelum tindakan 12,5% dan di akhir tindakan 62%, c). Aktif dalam kelompok diskusi sebelum tindakan 25% dan di akhir tindakan 87%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi, Quantum learning. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 30 Aug 2012 09:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2012 09:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19701 |
Actions (login required)
View Item |