Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Dengan Menggunakan Strategi Role Reversal Questions ( PTK Pada Siswa Kelas VIII. C SMP Negeri 5 Purwodadi )

Puspitorini, Dyah Arum (2012) Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Dengan Menggunakan Strategi Role Reversal Questions ( PTK Pada Siswa Kelas VIII. C SMP Negeri 5 Purwodadi ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (602kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Pubikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (445kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar matematika siswa melalui strategi Role Reversal Questions pada siswa kelas VIII. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII. C SMP Negeri 5 Purwodadi yang berjumlah 38 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara kepala sekolah, guru dan peneliti. Analisis data kulitatif dilakukan dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari indikator motivasi yang terus mengalami peningkatan. Jumlah siswa yang antusias mengikuti pembelajaran matematika sebelum diberi tindakan sebanyak 8 siswa (21,05%), setelah dilakukan tindakan menjadi 30 siswa (78,95%). Jumlah siswa yang mengkomunikasikan materi/menjadi tutor sebelum dilakukan tindakan sebanyak 3 siswa ( 7,89%), setelah dilakukan tindakan menjadi 9 siswa (23,68%). Jumlah siswa yang mengajukan pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebanyak 1 orang ( 2,63%), setelah dilakukan tindakan menjadi 8 siswa (21,05%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Role Reversal Questions, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 29 Aug 2012 08:38
Last Modified: 29 Aug 2012 08:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19689

Actions (login required)

View Item View Item