Puspitorini, Dyah Arum (2012) Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Dengan Menggunakan Strategi Role Reversal Questions ( PTK Pada Siswa Kelas VIII. C SMP Negeri 5 Purwodadi ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (602kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
||
|
PDF (Naskah Pubikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (445kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar matematika siswa melalui strategi Role Reversal Questions pada siswa kelas VIII. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII. C SMP Negeri 5 Purwodadi yang berjumlah 38 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara kepala sekolah, guru dan peneliti. Analisis data kulitatif dilakukan dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilakukan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari indikator motivasi yang terus mengalami peningkatan. Jumlah siswa yang antusias mengikuti pembelajaran matematika sebelum diberi tindakan sebanyak 8 siswa (21,05%), setelah dilakukan tindakan menjadi 30 siswa (78,95%). Jumlah siswa yang mengkomunikasikan materi/menjadi tutor sebelum dilakukan tindakan sebanyak 3 siswa ( 7,89%), setelah dilakukan tindakan menjadi 9 siswa (23,68%). Jumlah siswa yang mengajukan pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebanyak 1 orang ( 2,63%), setelah dilakukan tindakan menjadi 8 siswa (21,05%).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Role Reversal Questions, Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 29 Aug 2012 08:38 |
Last Modified: | 29 Aug 2012 08:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19689 |
Actions (login required)
View Item |