Efektivitas Model Artikulasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyampaikan Pendapat Siswa Dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII A SMP Negeri 2 Manyaran Semester Genap Tahun Ajaran 2011/ 2012)

Fitriani, Maida (2012) Efektivitas Model Artikulasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyampaikan Pendapat Siswa Dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII A SMP Negeri 2 Manyaran Semester Genap Tahun Ajaran 2011/ 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (284kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (257kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan menyampaikan pendapat dengan menggunakan model pembelajaran Artikulasi pada materi Prisma. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Manyaran tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 29 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validitas data dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian adalah kemampuan menyampaikan pendapat siswa dalam pembelajaran matematika meningkat. Kesimpulan penelitian ini meliputi 1) kemampuan menyampaikan pendapat dalam diskusi sebelum tindakan 10,34% dan setelah tindakan 51,72%, 2) kemampuan menyampaikan pendapat dalam presentasi sebelum tindakan 6,89% dan setelah tindakan 27,58%, 3) kemampuan mengerjakan soal sebelum tindakan 34,48% dan setelah tindakan 68,96%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: artikulasi, kemampuan menyampaikan pedapat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 28 Aug 2012 06:32
Last Modified: 28 Aug 2012 06:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19653

Actions (login required)

View Item View Item